Senin, 03 Juni 2013

Macam-Macam Musik Tradisional Indonesia



Ada banyak sekali macam-macam alat musik tradisional Indonesia yang tentunya sudah banyak mengenal. Semua macam-macam alat musik tradisonal Indonesia menjadi kekayaan intelektual milik budaya Indonesia yang tak ternilai harganya. Dilain pihak masih ada saja yang tidak mengetahui bahkan sama sekali belum pernah mendengar macam-macam alat musik tradisional Indonesia tesebut.
Hampir seluruh wilayah RI ini memiliki macam-macam alat musik tradisional Indonesia yang khusus, khas serta unik. Seni tradisional tersebut memiliki semangat kolektifitas yang tinggi, sehingga masyarakat dapat mengenali karakter dan ciri khas warga Indonesia yang terkenal ramah dan santun.
Beberapa macam-macam alat musik tradisional Indonesia disini adalah:
  1. Angklung (Jawa Barat) yaitu sebuah alat musik bernada ganda yang terbuat dari bambu, cara membunyikannya dengan menggoyangkannya sehingga menghasilkan bunyi.
  2. Kolintang yaitu alat musik yang terdiri dari barisan gong kecil yang diletakkan secara mendatar.
  3. Saluang (Minangkabau) yaitu alat musik yang terbuat dari bambu tipis, dan penggunaannya dalah dengan cara ditiup.
  4. Tifa (Papua dan Maluku) yaitu alat musik yang dimainkannya dengan cara dipukul. Tifa ini mirip dengan gendang. Terbuat dari dari sebatang kayu yang dikosongi isinya kemudian salah satu sisi ujungnya ditutupi sebuah kulit dari kulit rusa yang telah dikeringkan untuk menghsilkan sebuah suara yang indah.
  5. Sasando (NTT) yaitu alat instrumen petik. Bentuk dari sasando mirip dengan instrumen petik lainnya seperti gitar, kecapi dan biola.
  6. Gamelan yaitu alat musik yang penggunaannya dengan cara dipukul atau ditabuh.
Dan alat musik tradisional yang lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar